batik JAWA TIMURan

Ini Filosofi 14 Batik Asli Jawa Timur
MINGGU, 02 OKTOBER 2011 | 08:43 WIB

TEMPO Interaktif, Surabaya – Komunitas Batik Jawa Timur di Surabaya menemukan 14 batik Jatim Berfilosofi yang dilestarikan turun-temurun dari generasi ke generasi.

“14 Batik Jatim Berfilosofi itu kami temukan dengan mengacu pada artefak yang masih ada, wawancara perajin yang melestarikannya, dan cara berpikir masyarakat, karena ada masyarakat kita yang sangat vulgar,” kata Ketua Kibas Lintu Tulistyantoro di Surabaya, Sabtu, 1 Oktober 2011.

Menurut dosen Universitas Kristen Petra (UKP) Surabaya itu, komunitas yang dipimpinnya ini akan segera menerbitkan buku tentang Batik Jatim Berfilosofi pada akhir tahun 2011.

Batik Berfilosofi ini antara lain Rawan (Tulungagung), Wahyu (Tulungagung dan Tuban), Gringsing (Tuban dan Tulungagung), Sidomukti (Tulungagung), dan Satrio Manah (Mojokerto, Tuban, dan Tulungagung).

Selain itu juga ada Mahkota (Sidoarjo), Pring Sedapur (Sidoarjo), Kembang Malathe (Madura), Kangkung Setingkes (Banyuwangi), Per Keper (Pamekasan), Tong Centong (Pamekasan), Sabet Rante (Pamekasan), Tasek Melaya (Tanjungbumi, Bangkalan), dan Jung Drajat (Madura).

“Gringsing berasal dari kata gering (bahasa Jawa) yang berarti kurus. Harapannya, pemakai batik gringsing tidak akan gering lagi atau dalam istilah Jawa disebut sedulur papat lima panjer (empat arah dengan lima sebagai pusat). Simbolnya lingkaran atau bulatan dengan titik di tengahnya,” katanya.

Ia menjelaskan batik dengan tema gringsing memiliki filosofi, yakni keseimbangan. “Kalau pria bertemu wanita, kalau negatif bertemu positif, maka akan terjadi keseimbangan. Keseimbangan itu kemakmuran, kesuburan,” katanya.

Untuk tema pernikahan, katanya, mulai dari batik untuk lamaran hingga pasca-pernikahan. “Antara lain batik mahkota dari Sidoarjo yang menandai bahwa pemakainya yang mau menikah merupakan orang yang terpandang,” katanya.

WDA | ANT

About bumi2009fans

di dunia internet dan blog, gw pake beberapa nama seh: jo, ekonomitakserius, bumi2009fans, atawa (simply) gw :)
This entry was posted in informasi umum. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s